GNBN Pacu Hidup Sehat di Sekolah

Jakarta (Dikdas): Gerakan Nasional Bersih Negeriku (GNBN) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui sekolah, dengan membiasakan hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

Sekolah harus menjadi ujung tombak dan inspirator bagi masyarakat dan lingkungannya. Dalam pelaksanaanya sekolah tidak mungkin berjalan sendiri, oleh karena itu harus selalu melakukan sosialisasi, koordinasi, dan sinkronisasi dengan instansi terkait

Gerakan Nasional Bersih  Negeriku (GNBN)  dapat  dilihat  pada perilaku hidup sehat dan kesehatan peserta didik, karena peserta didik yang sehat dapat   belajar   dengan   baik. GNBN sejalan  dengan   program Usaha   Kesehatan   Sekolah (UKS)   dengan   tiga program pokoknya (Trias UKS) yaitu: pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) 4 Menteri yaitu: Menteri  Pendidikan   Nasional, Menteri  Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri.

GNBN merupakan gerakan yang sangat efisien untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan kesehatan bagi warga sekolah sedini mungkin yang dilakukan secara terpadu. Upaya membina, mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan hidup    sehat   dan kesehatan bagi warga sekolah dilaksanakan melalui program pendidikan di   sekolah dalam berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, serta melalui upaya lainnya di luar sekolah yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan warga sekolah dan sekitarnya.* (Dit. PSMP)




Sponsor Link:


Komentar