Profil Sekolah Tempat Mengajar Sekarang

SDN Cemara Dua adalah nama sebuah Sekolah Dasar yang terletak di Jl. Monginsidi No. 66 Solo, yang sudah dikenal luas oleh masyarakat di Surakarta dan sekitarnya karena keunggulan prestasinya. Sekolah ini juga merupakan salah satu SD INTI di wilayah Surakarta yang diharapkan selalu menjadi pusat percontohan dan keteladanan bagi masyarakat dan sekolah-sekolah lain di sekitarnya.
Nama Cemara Dua sangat unik karena berbeda dengan nama-nama sekolah pada umumnya yang biasanya selalu diikuti dengan nama daerahnya, mengingat lokasi dimana SD ini berada di wilayah Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, tetapi tidak ada daerah yang bernama Cemara Dua di wilayah tersebut. Menurut seorang narasumber, pemakaian nama Cemara Dua disebabkan karena di halaman sekolah tersebut berdiri tegak dua pohon cemara, dan kemungkinan sudah ada sejak tahun 1938 atau sejak SD tersebut berdiri, sehingga nama Cemara Dua melekat sampai sekarang.
SDN Cemara Dua memiliki jumlah siswa sebanyak 881 siswa, dimana siswa-siswi tersebut tertampung dalam program kelas masing-masing, karena saat ini SDN Cemara Dua terdapat tiga Program Kelas Pembelajaran, yakni Program Kelas Reguler, Program Kelas Akselerasi yang merupakan program percepatan dan Program Kelas RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).
Sekolah ini memiliki tiga gedung/lokasi sarana belajar mengajar (biasa disebut dengan istilah kampus), yakni kampus I yang terletak di bagian depan, di pinggir Jl. Monginsidi, kampus II yang terletak di bagian tengah, dan kampus III yang lokasinya terletak di bagian paling belakang. Kampus I yang merupakan gedung induk terdiri dari dua lantai, dimana lantai I digunakan untuk Ruang Kelas 1A, 1B, 1C, 2A dan 2B, Lab. Komputer I, Lab. Bahasa, Ruang UKS, Dapur Sekolah, Ruang Bimbingan Konseling, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Kantor Guru, Perpustakaan, Tata Usaha/Administrasi Umum dan pada ujung barat lokasi kampus I di lantai I terdapat Ruang Agama Non-Muslim. Lantai II dipergunakan untuk Ruang Kelas 6A, 6B, 4A dan 4B, Ruang Kegiatan Ketrampilan Khusus dan Mushala. Kemudian Kampus II juga terdapat dua lantai, dimana pada lantai I terdapat ruang Kelas ID, IE, 2C, 2D, 4C, 6C, Kantor Guru, Kantin Kejujuran, Koperasi Sekolah, Mushala dan ruang Kesenian Karawitan. Kemudian pada lantai II saat ini terdapat satu ruang khusus yang dipergunakan untuk Lab. Komputer II. Sedangkan di Kampus III dipergunakan untuk ruang kelas 3A, 3B, dan 3C, 5A, 5B, 5C, 4/5 Akselerasi dan 5/6 Akselerasi, dan sebuah gedung Pusat Sumber Belajar ( PSB ) yang berguna untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan Alam, dimana gedung ini merupakan bantuan dari pemerintah Jerman. Masing-masing lokasi terdapat sebuah kantin, dan juga terdapat halaman/lapangan di depan gedung sekolah yang diperuntukkan berbagai kegiatan seperti upacara bendera, olah raga dan bermain bagi siswa pada saat istirahat.
Sekolah ini dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah dengan tenaga pendidik 24 orang Guru Kelas, 7 orang Guru Agama ( Islam, Kristen, Katolik dan Hindu ), 3 orang Guru Penjaskes, 12 orang Guru Wiyata Bakti yang mengampu mata pelajaran intra dan ekstra kurikuler seperti Penjaskes, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Daerah, Kesenian, Ketrampilan Khusus dan Pramuka serta 3 Petugas Administrasi/Tata Usaha, 1 orang Kepala Perpustakaan dengan 3 Petugas Perpustakaan, 1 orang Petugas Koperasi, 1 orang Petugas bagian dapur, 3 orang Penjaga Sekolah dan 2 orang Satpam.
Sebagai sekolah yang sedang giat-giatnya mengembangkan diri, SDN Cemara Dua tak pernah berhenti untuk mengeksplorasi potensi yang dimiliki oleh siswa, dengan tujuan untuk meraih dan mengukir prestasi dalam segala bidang, baik akademis dan non akademis. Dalam kurun waktu tahun ini berbagai prestasi telah diraih baik oleh guru maupun siswanya. Predikat sebagai Guru Teladan, Siswa Teladan, Perpustakaan SD Terbaik II Tk. Propinsi Jawa Tengah dan Nominasi 6 Besar Tingkat Nasional telah diraih oleh SDN Cemara Dua. Begitu juga Kejuaraan Olahraga Usia Dini, Lomba Mata Pelajaran dan Porseni banyak prestasi yang telah diraih dan ingin selalu menambah rangkaian prestasi lainnya.
Prestasi yang telah diraih tersebut tentu saja tidak bisa terlepas dari beberapa program kegiatan ekstra kurikuler yang selama ini diselenggarakan di SDN Cemara Dua, diantaranya yakni Bola Basket Anak, Bola Voli Mini, Pramuka, Komputer, Renang, Sepak Takraw, Pencak Silat, Teater, Seni Musik, Seni Tari, Seni Lukis dan Pengembangan Eksplorasi Perpustakaan.
Disamping kegiatan pengembangan potensi siswa, pengembangan potensi guru dan karyawan juga dilaksanakan, dalam upaya meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas.
Kegiatan senam rutin dilakukan tiap Jum’at mulai pukul 06.00 WIB, sementara pengembangan profesi dilaksanakan melalui kegiatan KKG, seminar dan workshop pembelajaran, pendidikan & pelatihan Bahasa Inggris dan komputerisasi/Internet (TIK) setiap hari Rabu dan Sabtu selesai jam dinas mengajar, serta kegiatan studi banding antara lain ke SD Unggulan Sapen Yogyakarta, SD Negeri Sompok Semarang, PPPG Matematika Yogyakarta, dan ke lokasi lain yang berbasis pendidikan sebagai pembanding untuk pengembangan dan kemajuan sekolah.



Komentar